bisnis pecel lele serta analisis keuntungannya

bisnis pecel lele serta analisis keuntungannya
siapakah yang tidak idapl dengan pecel lele? menu tersebutkannan ini tidak jarangkali terpampang terperinci di spanduk-spanduk kedai tenda kaki lima di sudut-sudut jalanan kota. tidak cuma di ibukota, di kota- kota lain pun kedai tenda yang mendagangkan menu ini bisa dengan beliah dijumpai. dari segi popularitas menu ini jelas saja tidak diragukan lagi. perihal ini mengambarkan, citarcita-cita lele yang disakalaun dengan sambal serta lalapakahn ini mampu diterima banyak kalangan di banyak sekali tempat. dari sisi bisnis, pecel lele juga tidak mampu diremehkan, keuntungan bersih bisnis ini sekitar 25% - 30% dari omset yang didapati. mirip apakah lika-liku usacuma?

jenis ikan tidak bersisik, licin serta berkumis ini, terbilang amat teridapl bagi bangsa ini, alcita-citannya merupakan mampu diciptakan di banyak sekali tempat. di indonesia ikan lele memiliki seareakah nama tempat, antara lain: ikan kalang (sumatra barat), ikan maut (gayo serta aceh), ikan pintet (kalimantan selatan), ikan keling (tersebutkanssar), ikan cepi (bugis -sulawesi selatan), ikan lele atau lindi (jawa tengah). habitatnya di sungai dengan arus air yang perlahan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. bahkan ikan lele mampu Hayati terhadapnya air yang kumuh, contohkan di got-got serta selokan pembuangan.

jenis tersebutkannan berbahan lele yang paling diketahui, terutama di pulau jawa merupakan pecel lele. yang dimaksud merupakan ikan lele yang digoreng kering dengan minyak, lantas disakalaun dengan sambal lalapakahn, yang bicita-citanya terdiri dari kemangi, kubis, ketimun,serta sambal. namun menu ini bicita-citanya tidak pernah hadir sendiri, para peniaga pecel lele selantas juga menyakalaun ayam goreng, ati ampela, serta tahu tempe goreng. banyak juga yang melengkapinya dengan bebek goreng, bahkan burung dara goreng, yang juga disakalaun dengan sambal serta lalapakahn.

banyak juga peniaga pecel lele, yang juga mendagangkan soto lamongan, alcita-citannya merupakan jelas jelas searea besar penjual pecel lele bercita-cital dari lamongan. menurut seorang peniaga pecel lele di tempat kebayoran lama yang dijumpai info kuliner, para penjual pecel lele terhadapnya mulanya terkonpusatsi bercita-cital dari kecamatan sekaran, sesuatu kecamatan yang terletidak di kabupaten lamongan area utara yang berbatcita-citan pribadi dengan bengawan solo. terhadapnya pernyebarannya, orang-orang dari tempat lain di lamongan juga banyak terjun ke bisnis ini, dengan merantau ke banyak sekali tempat. kini alcita-citannya merupakan popularitasnya, pecel lele juga mulai banyak digeluti orang dari luar lamongan, walau demikian, pecel lele masih inspirasintik dengan orang lamongan.

di antara pengbisnis pecel lele cita-cital lamongan yang tergolong sukses buat ukuran kaki lima merupakan hamung siswoyo. mantan karyawan sesuatu bank swasta ini memilih keluar dari jobya serta membuka kedai tenda pecel lele dengan konsep lesehan di tempat dapur susu, pondok labu, alcita-citannya merupakan menatap rekan-rekan setempatnya yang membuka bisnis ini cukup beryang akan terjadi. dalam satu malam kedainya menghabiskan 8-10 kg lele, serta 27-30 ekor ayam, 30 tusuk ati ampela serta 150 potong tahu tempe. omsetnya per malam kurang lebihnya rp 1,8 juta, dengan keuntungan bersih sekitar 29% dari omset. sesuatu angka yang lumayan bukan?

proyeksi keuntungan. dari simulasi perhitungan bisnis pecel lele yang dilaksanakan info kuliner, diramalkan modal awal yang diharapkan buat memulai bisnis pecel lele kelas kaki lima dengan dua orang karyawan, diharapkan modal sekitar rp 4,5 juta buat membeli barang modal serta bahan baku awal. Porto operasionalnya yang meliputi sewa tempat, karyawan, transportasi serta lain-lain diramalkan sekitar rp 2,2 juta. kalau dalam sehari kedai ini mampu menarik 50 orang pengunjung dengan asumsi per orang menghabiskan rp 10 ribu buat tersebutkann serta minum, dalam masa kurang lebih satu bulan modal awal yang dikeluarkan mampu kembali. namun kalau total pengunjung di bawah asumsi, jelas sajanya perlu masa sedikit lebih lama buat balik modal.

jenis lele yang bicita-cita difungsikan merupakan clarias batrachus atau lele bicita-cita, bukan lele dumbo atau clarias gariepinus. harga pcita-citaran lele ketika ini per kilo sekitar rp 12 ribu, ukuran yang bicita-citanya difungsikan buat pecel lele yang sekilo berisi tujuh atau delapakahn ekor, bermakna per ekor harga lele sekitar rp 1,7 – 1,8 ribu. sesertagkan harga ayam per ekor yang bicita-cita difungsikan buat pecel lele merupakan rp 12-14 ribu, satu ekor dipotong empat area, maknanya satu potong ayam harga mentahnya antara rp 3 – 3,5 ribu. dengan metode penyajian serta pelengkap yang setara, serta harga jual kurang lebihnya yang bicita-citanya cuma selisih seribu rupiah, (pecel lele kurang lebihnya dijual di jakarta rp 7 ribu - ayam rp 8 ribu), keuntungan pecel lele jelas saja lebih tinggi. namun kurang lebihnya dari volume penjualan pecel ayam bicita-citanya lebih tinggi. alcita-citannya merupakan itu pecel lele jarang berdiri sendiri, selantas dijual disertai pecel ayam, tahu tempe, serta ati ampela serta jelas sajanya nasi uduk, disamping nasi putih bicita-cita.

popularitas pecel lele, mampu menjadi keuntungan bagi yang ingin menggeluti bisnis ini, alcita-citannya merupakan kamu tidak perlu lagi repot-repot memperidaplkan mirip apakah pecel lele, namun perihal ini juga menjadi sesuatu kendala, alcita-citannya merupakan banyaknya peniaga pecel lele. jelas sajanya persaingan akan amat ketat. alcita-citannya merupakan itu, diperlukan sesuatu yang lain hal serta lebih dari yang lain.

faktor indikator rcita-cita pecel lele, merupakan sambalnya. sambal buat pecel lele yang stkamur berbahan dcita-citar tomat, cabe, terasi, bawang merah, bawang putih, garam, serta sedikit gula merah, serta jeruk limo, adanya juga yang mengfungsikan sedikit kacang tanah. “pecel lele itu bumbu stkamurnya ya setara aja, yang mematokkan sambalnya, alcita-citannya merupakan meskipun terhadapnya dcita-citarnya setara, tidakaran komposisinya yang beda-beda,” ungkap sri hartini, di antara peniaga pecel lele di pondok labu. buat bikinnya lebih enak sri hartini juga memperbanyakkan biji wijen yang diperihaluskan bersetara sambal. campuran wijen dalam sambal bikin citarcita-cita sambalnya jadi lebih mantap.

seareakah varian pecel lele. seareakah peniaga pecel lele, adanya juga yang memperlihatkan pecel lele yang “beda”. mirip terhadapnya kedai tenda citra spesial di bilangan fatmawati milik suwanto. lelaki cita-cital kebumen ini menyakalaun pecel lele bersetara nasi uduk dengan dua jenis sambal, sambal kacang serta sambal tomat, mirip yang bicita-cita difungsikan nasi uduk ala kebon kacang. “kedai ini dulu jelas jelas aku beli dari keturunan bang ssafe kebon kacang, dulu letidaknya di jalan wahyu. jadi resep nasi uduk serta sambalnya setara, namun aku telah tidak bungkus nasi uduk dengan daun kecil-kecil, Izin praktis lagsung di piring,” ungkap suwanto. kalau nasi uduk kebon kacang tidak adanya lauk lele, alcita-citannya merupakan banyak permintaan suwanto juga menyediakan pecel lele namun dipasedihn dengan sambal ala nasi uduk kebon kacang. disamping nasi uduk serta pecel lele, suwanto yang pernah bekerja di restoran citra, juga menyediakan menu nasi goreng, kwetiau, mie goreng, cap cay, serta fu yung hai.

nasi uduk barokah, di jl. raden saleh, juga memperlihatkan varian pecel lele yang lain hal. ahmad sulaeka, pemilik rumah tersebutkann ini, memperlihatkan lele bakar, dengan bumbu yang lebih kompleks, buat bumbu olesnya mengfungsikan bawang putih, bawang merah, ketumbar, jintan, ladanya, kunyit, jahe, cincangan bawang bombai, irisan daun jeruk, sereh yang diretakkan, mentega, garam serta penyedap. bumbu yang cukup banyak ini bikin rcita-cita lele bakar-nya lebih kaya. buat sambalnya, disamping bumbu stkamur sambal lele, cak mamat memperbanyakkan wijen, serta kacang mede terhadapnya sambalnya. yang akan terjadinya, 480 ekor lele habis terjual dalam sehari buat empat kedainya. ali

barang modal



buat memulai bisnis kedai tenda, dengan menu jualan pecel lele, ayam, ati ampela, serta tahu tempe goreng, diperlukan peralatan barang modal sebagai berikut :



1 buah gerobak rp 1.500.000

terpal buat tenda ukuran 4x6 meter rp 168.000

harga pemeter antara 4500 – rp 9.000

1 set spanduk rp 420.000

depan ukuran 5x 1,15 m

samping 2 lembar ukuran 2,5 x 1,15 m

1 buah kompor gas mawar rp 95.000

1 penggorengan ukuran 22 rp 70. 000

2 buah sutil panjang serta rp 40.000

2 lusin piring (merk lucky) rp 100.000

2 lusin piring saji oval melamin rp 180.000

1 lusin sendok rp 10.000

1 lusin garpu rp 10.000

2 lusin gelas jempol rp 45.000

2 lusin kobokan kecil aluminium rp 25.000

1 buah dkamung nasi aluminium 10 liter rp 100.000

1 buah dkamung air aluminium 10 liter rp 85.000

2 buah ember plastic sesertag rp 30.000

2 buah tempat tgosip gulung rp 15.000

2 buah tempat tusuk gigi rp 10.000

2 buah tempat kecap rp 10.000

8 buah kursi plastic lion star rp 200.000

1 buah meja kayu rp 500.000

2 buah tempat sendok/garpu rp 10.000

1 etalase kecil ukuran 1,5 m x 0,5 m x 1 m rp 250.000

1 buah teko air plastic lion star (kecil) rp 7.500

1 buah termos air panas rp 35.000

2 buah termos wadanyah nasi ukuran 10 liter rp 150.000

1 set ulekan besar ukuran 40 cm rp 55.000

3 buah lap rp 10.000

2 buah pisau rp 12.000

total rp 4.250.500



bahan baku awal

3 kg lele (sekitar 27 ekor) rp 36.000

6 ekor ayam rp 84.000

( ukuran 800 gram-1,2 kilo, jadi 24 potong)

2 papakahn tempe (jadi 20 potong) rp 7.000

10 potong tahu rp 5.000

10 buah ati ampela rp 10.000

3 kg minyak goreng rp 36.000

3 kg gas (buat 2 hari) rp 15.000

1 kg gula rp 6.500

bumbu serta sayuran lalapakahn rp 50.000

bahan lain ( teh, es batu, jeruk peras dsbnya) rp 20.000

beras 5 liter rp 20.000

total rp. 289.500



dari perhitungan di atas, diramalkan modal awal yang diharapkan buat memulai bisnis pecel lele merupakan sekitar rp 4,5 juta. sekitar rp 4,2 juta buat barang modal, serta rp 300 ribu buat belanja bahan baku awal. disamping itu, diperlukan Porto operasional yang dalam satu bulan diramalkan :



operasional

- sewa tempat rp 300.000

- retribusi/ pungutan ini-itu rp 30.000

- penerangan ( listrik/ lampu patromak) rp 30.000

- transportasi dll rp 200.000

- gaji 2 orang karyawan rp 1.600.000

total rp. 2.160.000



kalau dalam sehari mampu dikunjungi 50 orang pembeli, dengan asumsi kurang lebihnya per orang menghabiskan rp 10 ribu buat tersebutkann serta minum, tersebutkan:

omset harian rp 500.000

omset per bulan rp 15.000.000



pengeluaran belanja rp 8.415.000

operasional rp 2.160.000



keuntungan dalam satu bulan 15.000.000-10.575.000 = rp 4.425.000

jadi mampu bep dalam masa satu bulan lebih seareakah hari
prev: bisnis pecel lele
http://www.jefrihilda.my.id/2015/11/perhitungan-usaha-pecel-lele-lezat.html

1 Response to "bisnis pecel lele serta analisis keuntungannya"

  1. Berikut kami paparkan beberapa contoh fungsi dan manfaat lainnya dari terpal plastik :
    – Untuk Kolam ikan
    – Untuk atap tenda
    – Untuk penutup bak truk/mobil pick up/mobil bak terbuka
    – Untuk selang air
    – Untuk atap atau penutup waring
    – Untuk alas penjemuran / pengeringan
    – Untuk alas pengecoran, dan masih banyak lainnya.

    Untuk info lebih lanjut tentang produk ini dengan harga yang terjangkau bisa menghubungi saya di email : tommyindoterpal@gmail.com
    Mobile:081380613685

    Terima kasih

    BalasHapus

wdcfawqafwef