metode budidaya cacing sutra di kolam terpal

metode budidaya cacing sutra di kolam terpal
bilalaulau diperhatikan, sesungguhnya adanya banyak jenis budidaya yang mempunyai nilai ekonomis. di antara jenis budidaya yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi ialah budidaya cacing sutra. tampaknya jenis budidaya ini jelas jelas aneh. bahkan banyak yang menganggap jikalau cacing yang satu ini tidak terlantas menguntungkan. namun sesungguhnya cacing ini amat berkhasiat terutama sebagai pakan seareakah jenis ikan terjelas saja. sebab itulah tidak mengheperingkatan bilalaulau adanya banyak orang yang menelusuri-cari cacing sutra.

cacing sutra
gambar cacing sutra

buat membudidayakan cacing sutra, jelas sajanya calon pembudidaya juga sesegera mungkin mengenali metode ternak cacing sutra dengan benar. sesungguhnya metode memelihara cacing sutra tidaklah susah. yang diharapkan cuma daerah yang cukup buat menempatkan cacing sutra serta bahan organik yang biharapakahn difungsikan oleh cacing sutra. bahan organik yang biharapakahn difungsikan buat membudidayakan cacing rambut ialah campuran antara kotoran ayam, dedak serta lumpur. mendapatkan bahan-bahan organik tersebut juga amat beliah. jadi memelihara cacing sutra sesungguhnya tidaklah terlantas susah.

persiapakahn bibit
sama mirip budidaya yang lain, sebelum memulai budidaya cacing sutra, hendaknya pembudidaya juga perlu mempersiapkan bibitnya terlebih dahulu. tidak susah buat mendapatkan bibit cacing sutra. bibit cacing sutra bisa diciptakan dengan beliah di toko ikan hias atau mampu juga membisubil dari alam mirip mengambilnya dari sungai atau selokan. akan tetetapi sebelum dibudidaya, sebagusnya cacing sutra yang akan dijsaudara terbeliaan bibit dikarantina terlebih dahulu. perihal ini bersharapanran buat mengjauhi cacing sutra yang membawa bakteri patogen. sesudah barulah metode budidaya bisa dilanjutkan.

mempersiapkan media budidaya
media peningkatan cacing tubifex sesungguhnya tidak terlantas metersebutkann daerah. bahkan anda mampu membudidayakan cacing ini di kolam kecil yang dilapisi terpal. buat ukuran sempurnanya, kolam sebesar 1 x 2 meter sudah cukup. supaya sirkulasi air berjalan dengan baik, absolutkan buat melengkapi kolam dengan saluran pemasukan atau pengeluaran air. sesudah itu, kolam tersebut sebagusnya dipetidakan menjadi ukuran yang lebih kecil, kira-kira seukuran 20 x 20 cm dengan tinggi 10 cm. sesetiap petidak dikasi lubang penghubung bermembisueter 1 cm.

levelakahn budidaya cacing sutra
supaya budidaya cacing sutra berjalan dengan baik, adanya seareakah levelakahn serta metoda budidaya yang sesegera mungkin dikenal. level pertama, sesudah bibit cacing pita serta media kolam sudah tersedia, adanya satu perihal lagi yang sesegera mungkin dipersiapkan. kolam daerah membudidayakan cacing sutra hendaknya diisi dengan sedikit lumpur. sebelum menempatkan bibit terhadapnya kolam, jemur kolam terlebih dahulu. selain itu bersihkan kolam dari rumput maupun binatang lain yang berpotensi menjadi hama. binatang yang berpotensi menjadi hama diantaranya ialah keong mas serta kijing.

pipa air juga sesegera mungkin diabsolutkan kekuatannya. inspirasialnya, pipa yang dipilih ialah pipa paralon bermembisueter 2 inci. panjang pipa ini mampu diubahsuaikan dengan kebuyang kuharapakahn, akan tetetapi inspirasialnya dengan ukuran kolam 8 x 1,5 m dengan kedalaman 30 cm, panjang pipa hendaknya berkisar 15 cm. sesudah selesai di jemur serta dikeringkan, absolutkan dharapakahnr kolam benar-benar terbebas dari bebatuan serta benda simpanses lainnya. sesertagkan buat konstruksi kolamnya sendiri, sebagusnya kolam diantaranya datar serta tidak bergelombang.

dalam membudidayakan cacing sutra, metoda beternak yang diaplikasikan jelas jelas amat terfokus terhadapnya persiapakahn kolam. sesudah kolam sudah siap, peternak cacing sutra masih sesegera mungkin menunjukkan bahan organik terhadapnya kolam tersebut. lumpur ialah di antara factor serius dalam membudidayakan cacing sutra. namun lumpur yang membisubil hendaknya berharapakahnl dari kolam yang jelas jelas mempunyai kandungan organik yang tinggi. sesudah itu, lumpur masih sesegera mungkin diratidakan serta barulah kotoran ayam dimasukkan ke dalam kolam.

tidakaran kotoran ayam yang dimasukkan kira-kira sekitar 3 karung ukuran kemharapakahnn pakan ikan. sesudah itu ratidakan kotoran ayam tersebut serta genangi kolam dengan air maksimum hingga mencapakahi kedalaman 5 cm. buat menprevent tumbuhnya lumut di dalam kolam, pharapakahnng atap terhadapnya area atas kolam.

kolam yang sudah tergenang masih sesegera mungkin dimembisukan sepanjang satu minggu. perihal ini bersharapanran supaya gas yang diyang akan terjsaudara terbeliaan oleh kotoran ayam lenyap. sesudah itu barulah bibit cacing sutra mulai bisa disebarkan. saat bikinkan bibit, absolutkan juga buat bikinkannya semetode merata.

panen cacing sutra
buat mencapakahi mharapakahn panen, budidaya cacing sutra sesungguhnya tidak memperlukan masa yang lama. bilalaulau metode beternak yang diaplikasikan sudah benar, tersebutkan cacing sutra sudah bisa dipanen sesudah 8 hingga 10 hari semenjak penebaran bibit. sesudah itu, yang akan terjadi panen sudah bisa dijual di daerah-daerah penjualan pakan ikan atau di toko ikan.

namun adanya satu tips yang hendaknya dikenal oleh para peternak cacing sutra. saat membudidayakan cacing sutra, alur peredaran air juga sesegera mungkin selantas dijaga. perihal ini amat serius buat diperhatikan sebab nilai mutu panen cacing sutra amat tergantung terhadapnya keadanyaan kolamnya. selain itu kolam yang mengandung banyak zat organik juga akan bikin ekoproses kolam lebih subur.
http://www.jefrihilda.my.id/2016/01/cara-usaha-budidaya-cacing-sutra-modal-kecil.html

0 Response to "metode budidaya cacing sutra di kolam terpal"

Posting Komentar

wdcfawqafwef